Senin, 21 September 2015

39 Aplikasi iOS di Apple Store Terindikasi Tertular Virus Berbahaya

Tak hanya Google Play yang kini menjadi sarang aplikasi berbahaya serta malware. Apple App Store pun kini juga terindikasi mempunyai risiko serupa. Bahkan baru-baru ini terdapat 39 aplikasi yang diketahui ternyata sudah tertular virus malware berbahaya.
Dikutip dari Phonearena, beberapa aplikasi populer pun bahkan termasuk dalam 39 aplikasi yang tertular malware tersebut. Salah satu contohnya adalah aplikasi messenger WeChat. Lalu ada pula aplikasi bernama Didi Chuxing yang merupakan sebuah aplikasi mirip GoJek yang berasal dari Cina.
wechat
Dan parahnya lagi, ada pula aplikasi resmi pembelian tiket kereta di Cina bernama Railway 12306 yang terindikasi tertular malware tersebut. Aplikasi lain yang masuk dalam daftar tertular malware ini antara lain adalah aplikasi trading saham Tonghuashun serta China Unicom Mobile Office.
Keberadaan malware ini pun muncul di App Store Apple tanpa diketahui oleh pihak developer aplikasi. Malware ini digunakan dengan menggunakan Xcode. Mengenai namanya sendiri, malware tersebut dikenal dengan nama XcodeGhost.
Lalu dari mana sumber malware ini berawal? Versi Xcode berbahaya yang digunakan ternyata diperoleh dari Baidu. Dan tak heran kalau aplikasi yang menjadi korban dari malware ini adalah aplikasi yang dibuat oleh para developer dari negeri Cina.
Sebenarnya cara untuk menghindari kejadian seperti ini pun cukup mudah. Cukup dengan menggunakan versi Xcode terupdate yang bisa diperoleh secara langsung dari situs resmi Apple. Dan untuk saat ini, Xcode berbahaya yang tersebar melalui Baidu pun sudah dihapus.
Menurut laporan dari Palo Alto Networks, malware yang menjangkiti aplikasi-aplikasi iOS di App Store tersebut cukup berbahaya. Terlebih malware ini mempunyai kemampuan untuk memanfaatkan celah keamanan baik pada sistem ataupun aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar