Selasa, 22 September 2015

Cartridge Ini Bisa Jadikan Perangkat Android dan iPhone Anda Menjadi Sebuah Konsol Klasik

Mungkin bagi Anda yang telah lahir dan sering bermain game di tahun 90an, pasti masih mengingat dimana bermain game menggunakan cartridge merupakan hal yang sudah bisa. Dengan memasukan sebuah cartridge, barulah game tersebut dapat dimainkan melalui konsol klasik.
Pico Cassette
Pico Cassette yang akan dihubungkan dengan iPhone (Kredit: Unwire.hk)
Saat ini konsol game yang menggunakan cartrige untuk setiap permainan memang sudah ditinggalkan, terlebih kini bermain game klasik menggunakan smartphone jauh lebih mudah, karena kita hanya perlu mengunduhnya. Namun kali ini salah satu startup asal Jepang, Beatrobo, menghadirkan Pico Cassette, yakni sebuah cartridge game yang menjadikan smartphone Anda layaknya sebuah konsol game klasik.
Berbeda dengan cartridge game pada umunya yang menyimpan software game, Pico Cassette ini tidak benar-benar menyimpan software game, melainkan hanya menghasilkan sebuah nada yang tak terdengar sebagai kunci otentikasi untuk dapat bekerja sama dengan aplikasi yang telah terinstal pada smartphone. Cara kerja cartridge ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukannya kedalam port audio jack 3.5mm.
Pico Cassete
Setiap kaset memiliki tanda pengenal unik yang memungkinkan permainan dapat disimpan kedalam server Beatrobo. Dengan cara ini Anda dapat memulai game, memilih perangkat, dan tidak melewatkan skor yang pernah dicapai. Perusahaan juga bertujuan mengingkatkan rasa kepemilikan pemain terhadap kaset tersebut. Hal itu merupakan sesuatu yang tak bisa pemain rasakan saat menyimpan game di cloud storage.
Untuk sekarang ini, Pico Cassette masih dalam versi demo saja, Beatrobo pun berharap cartridge game besutannya ini bakal menuai kesuksesan. Meski hal itu cukup berat, mengingat kini sudah banyak studio game yang berhasil menguasai pasar game smartphone tanpa menggunakan sebuah konsol berbasis cartridge. Meskipun dirasa sulit, pastinya bermain game menggunakan cartridge semacam ini dapat membawa Anda ke masa kejayaan konsol game berbasis cartridge.

Lihat Videonya disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar