Selasa, 22 September 2015

Drone Ini Mampu Bangun Jembatan Untuk Manusia

Penggunaan drone sekarang ini sudah bersifat universal, tidak hanya sekadar untuk alat mata-mata, sekarang drone juga sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Namun, ternyata drone juga dapat membantu manusia dalam berbagai hal, salah satunya adalah membangun jembatan.
Seperti drone yang satu ini, dikutip dari The Verge, Selasa (22/9/2015), terdapat sebuah video yang diunggah melalui situs berbagi video milik Google, YouTube, yang menampilkan bagaimana sebuah drone membangun jembatan, dan dapat digunakan oleh manusia.
drone-0
Video ini diunggah oleh Federico Augugliaro, seorang peneliti yang sudah lama melakukan penelitian terhadap drone yang dapat membuat jembatan ini. Dalam video yang diunggahnya, terdapat 3 buah drone, yang satu membangun dasar pondasi bagian bawah jembatan tersebut, dan 2 lainnya membangun bentuk jembatan, di ruangan berukuran 10x10x10 meter.
Jembatan yang dibuat oleh drone ini berbasis sebuah tali kuat yang dapat menahan beban manusia saat digunakannya. Disebutkan juga bahwa dalam ruangan tersebut, terdapat sebuah sistem dengan tingkat presisi tinggi yang dapat menangkap gerakan dari drone itu. Selain itu juga adanya jaringan nirkabel, dan perangkat lunak yang telah dimodifikasi, sehingga dapat menjalankan algoritma untuk pengendalian dan estimasi dari gerakan-gerakan dari drone tersebut.
Drone pada video ini dilengkapi dengan kemampuan sama seperti yang disebutkan di atas. Dengan sistem komputasi yang telah dimodifikasi ini, drone ini dapat membangun sebuah jembatan secara otomatis. Drone tersebut dibekali dengan kumparan bermotor, serta tabung plastik yang digunakan untuk tempat tali Dynemaa. Tali Dynemaa ini disinyalir memiliki kekuatan yang hampir sama dengan tali baja.
Lihat Tutorialnya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar